Letih? Coba Beberapa Terapi yang Berasal dari China ini!

17 February 2016

Bekerja dari hari Senin sampai Sabtu tentu membuat badan letih, pastinya anda membutuhkan refreshing, agar badan terus bisa bekerja dengan maksimal. Pijat relaksasi atau spa? Hmm sangat menyegarkan bukan? Tapi bukan hanya itu saja yang bisa membuat tubuh anda segar kembali jika anda belum pernah mencoba beberapa terapi yang berasal dari China di bawah ini.


1. Terapi Pijat


Pasti anda sudah tidak asing dengan terapi yang satu ini, disaat badan capek dan pegal dipijat tentu akan membuat badan kembali segar. Tapi terapi pijat atau yang biasa disebut dengan terapi pijat tuina (推拿) berbeda dengan terapi pijat yang ada. Terapi yang menekankan relaksasi pada tulang ini lebih sering dikombinasikan dengan terapi tradisional dari China yang lain, seperti kop, akupuntur, dll. Cara kerja terapi ini dengan cara memijat bagian tubuh yang sakit dengan ibu jari, jari telunjuk, dan jari tengah dan dimulai dari bagian atas tubuh hingga ke bawah. Manfaat terapi pijat tuina (推拿) ini untuk melancarkan peredaran darah, pengobatan cedera jaringan lunak, peningkatan kesehatan emosional, dan juga peningkatan energi.

 

2. Akupuntur

Akupuntur dipercaya bisa menyembuhkan dan mencegah beberapa penyakit karena aliran Qi melewati jarum-jarum yang mengalir ke tubuh kita. Percaya atau tidak, tubuh kita mempunyai 400 lebih titik akupuntur, contohnya 21 titik akupuntur yang mempengaruhi organ limpa, 19 yang berkaitan dengan usus kecil, 67 yang mempengaruhi kerja kandung kemih, dan 9 titik akupuntur pada jantung. Terapi ini juga dapat digunakan sebagai terapi setelah stroke, mengatasi obesitas tentunya harus diimbangi dengan olahraga dan diet, sebagai terapi radang sendi, anti penuaan dan lainnya.

 

3. Qigong

Senam Chikung atau Qigong adalah salah satu terapi yang murah, mudah, praktis tetapi sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Terapi ini cukup dilakukan 5-10 menit perhari dengan 8 macam gerakan sederhana, tapi dapat memperbaiki sirkulasi energi 12 meridian dan 12 organ manusia diantaranya hati-empedu, jantung-usus kecil, limpa-lambung, paru-usus besar, ginjal-kandung kemih, dan pericardium-sanciao (triple burner). Manfaat terapi ini ialah sebagai relaksasi dan meredakan ketegangan, melancarkan peredaran darah, membangkitkan kekebalan dan ketahanan tubuh terhadap cuaca dan penyakit, membantu penyembuhan penyakit, memperbaiki emosi dan depresi, juga memperbaiki postur tubuh yang tak sehat.

 

4. Taijiquan

Taijiquan (太极拳 (Tàijí quán)) sudah dikenal lewat budaya China Kuno. Senam ini merupakan perpaduan antara latihan pernapasan dan meditasi yang dikembangkan melalui satu gerakan yang diadaptasi dari seni peperangan. Taijiquan memanfaatkan kekuatan Yin (berasal dari bumi) dan Yang (yang berasal dari langit). Senam ini boleh dilakukan dengan bertelanjang kaki atau menggunakan sepatu yang lentur. Awali dengan meditasi dengan tujuan menenangkan pikiran, lalu lanjutkan dengan gerakan-gerakan kecil untuk pemanasan agar sirkulasi darah lancar, dan ikuti bimbingan guru anda. Senam ini bermanfaat untuk meningkatkan kelenturan dan kekuatan, pernapasan menjadi lebih kuat, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, meningkatkan relaksasi, meningkatkan aliran energi dan Qi dalam tubuh, dan juga meningkatkan konsentrasi juga keseimbangan.

 

Naskah : Dian P
Sumber :
http://www.usmanmeiso.com/pijat-tuina.htm
http://www.alodokter.com/Deretan+Manfaat+Terapi+Akupuntur+untuk+Kesehatan+
https://tbjamaluddin.wordpress.com/2011/11/15/qi-gong-wei-dan/
http://cybermed.cbn.net.id/cbprtl/cybermed/detail.aspx?x=work+out&y=cybermed|0|0|7|90